Kamis, 17 Januari 2013

Kualitas Dosen dan Guru

DosenGuru.com - Keberadaan dosen dan guru, baik yang berada di sekolah umum, sekolah agama maupun home scholing memegang peranan penting bagi kemajuan generasi muda bangsa. Sebagai pengajar dan atau pendidik kontribusinya sangat nyata dalam dinamika perkembangan intelektual, mental, karakter, dan sikap peserta didiknya. Siapapun pengajar dan atau pendidik telah menggunakan sebagian besar jam hidupnya untuk memperbaiki kualitas diri murid, siswa atau mahasiswanya.

Dinamika berbangsa dan bernegara dengan berbagai kemajuan dan carut-marutnya sangat ditentukan oleh kualitas dosen dan guru, baik yang formal atau informal. Tak heran jika Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan aturan sertifikasi dosen dan guru. Tujuannya ialah bahwa dosen dan guru harus memiliki standar kualitas tertentu dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Saat ini jumlah dosen sekitar 210 ribu orang, sekitar 61 ribu berada di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), 129 ribu berada di Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) 1 - 12, dan 20 ribu berada di Perguruan Tinggi Agama (PTA). Tersebar di 3.000 PTS, 84 PTN dan puluhan PTA. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 237 juta jiwa, maka akan muncul rasio dosen dengan penduduk 1 : 1.129. Berarti satu dosen untuk 1.129 penduduk. Sedangkan rasio perguruan tinggi dengan penduduk 1 : 76.452, berarti ada satu perguruan tinggi untuk 76.452 penduduk. Jika dibandingkan dengan kondisi di negara tetangga yang lebih maju seperti Malaysia dan Singapura, tentu saja memiliki rasio yang lebig baik. Begitu pula untuk jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah.

Hal yang terpenting sebenarnya bukan dari aspek kuantitas, tetapi bagaimana kualitasnya. Ya, secara perlahan tapi pasti Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas guru dan dosen, antara lain melalui studi lanjut di dalam dan di luar negeri melalui beasiswa, sertifikasi, hibah penelitian dan pengabdian masyarakat, dan sebagainya. Informasi tentang dosen bisa diunduh di http://www.dikti.go.id/ sedangkan tentang guru bisa diunduh di http://dikdas.kemdiknas.go.id/. Ayo tingkatkan terus kualitas dosen dan guru di Indonesia. (Atep Afia - DG 0113 - 001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar